Sunday, March 5, 2017

Teknologi CCTV Terbaru! Mahasiswa Ini buat cctv deteksi wajah

Teknologi CCTV Terbaru! Mahasiswa Ini buat cctv deteksi wajah
Mohamad Zulfi Widipratam sedang memamerkan teknologi cctv terbaru pendeteksi wajah



Perumahan yang ditinggal pemiliknya seringkali menjadi sasaran tindak kriminal.

apalagi CCTV (closed circuit television) saat ini belum bisa mencegah dan mengurangi terjadinya pencurian pada Perumahan yang tidak ada penguninya dan kosong. (baca juga : tips trik membeli kamera cctv)

Nah, Seorang mahasiswa institut bisnis dan invormatika surabaya (stikom) membuat sistem dan aplikasi mobile untuk mengatur secara otomatis pengambilan gambar dan foto wajah orang yg terdeteksi oleh kamera cctv ini. Ini merupakan salah satu Teknologi cctv terbaru yang sudah berhasil dikembangkan oleh mahasiswa indonesia, suatu kebanggaan tersendiri. Nama Mahasiswa tersebut adalah Mohamad Zulfi Widipratama.

Yang terbaik lagi adalah, sistem cctv tersebut dapat memberikan laporan gerakan dan wajah seseorang dan mengirimkannya melalui pesan singkat (SMS) ke Smartphone pemiliknya. Teknologi CCTV terbaru ini menawarkan info secara langsung (real time) dan pemantauan kepada pemilik ketika ada gerakan yang mencurigakan.

 

Teknologi CCTV terbaru Ciptaan anak indonesia

CCTV ini dikontrol oleh motor jadi ketika ada pergerakan orang yang mencurigakan, kamera cctv tersebut mampu mengikuti arah wajah dan pergerakan secara langsung. Moh. Zulfi yang merupakan alumni sman 1 bangsal ini menjelaskan bahwa ketika ada yang terdeteksi dan mencurigakan terjadi, data rekaman akan disimpan di memory kamera cctv tersebut, jadi tidak akan hilang.

dan seterusnya Alarm peringatan akan dikirimkan memalui jaringan modem GSM yang terdapat di kamera cctv tersebut. Tingkat keberhasilan Kamera cctv ini mampu mendeteksi gerakan sampai dengan 30%, karena menggunakan metode backgroud subtraction.

Untuk tingkat Akurasinya sampai dengan 70%. Karena, kamera cctv ini sudah dilengkapi dengan teknologi face detection dengan resolusi 640 x 480, dan system cctv ini mampu bergerak bebas ke segala arah ketika ada pergerakan wajah. jarak jangkauan yang dapat di ambil oleh sistem ini sampai dengan 5 Meter dan pada saat jarak sampai dengan 10 meter, system teknologi cctv terbaru ini langsung memberikan laporan pesan kepada pemiliknya. (baca juga : Beberapa merk kamera cctv terbaik di dunia)

Untuk hasil terbaik mahasiswa stikom tersebut memaparkan, bahwa untuk menghasilkan gambar dan kualitas terbaik, kamera cctv tersebut minimal harus menggunakan lensa 5MP. Karena pada percobaan sebelumnya, Zulfi menggunakan kamera dengan resolusi VGA tetapi hasilnya tidak bagus dan kurang jelas.

Harapan Zulfi Widipratama, bahwa sistem pendeteksi wajah ini masih butuh penyempurnaan dan pengembangan, dan kedepan system cctv ini tak hanya mampu memberikan SMS kepada pemiliknya, tetapi bisa juga mengirimkan pesan gambar dan foto yang terjadi di rumah tinggal pemiliknya.

Salam Satu Lensa,
Majalah dan berita CCTV Terbaru


EmoticonEmoticon