Friday, May 1, 2015

Beberapa hal sebelum membeli mouse wireless

Beberapa hal sebelum membeli mouse wireless
Mengapa menggunakan Mouse Wireless? berikut alasannya Jika kita berbicara masalah perkembangan teknologi tidak akan ada hentinya. Karena bertambah tahun perkembangan teknologi itu semakin menunjukkan perkembangan dan kemodernannya. Hal itu sudah bisa dibuktikan dengan adanya banyak barang-barang elektronik dan fasilitas yang sangat fantastis dan canggih. yang memudahkan kita untuk mendukung pekerjaan, aktifitas, dan kehidupan sehari- hari.
Contohnya dari dunia komputer, salah satunya adalah mouse wireless atau wireless mouse. Mouse wireless tidak menggunakan kabel dalam penggunaannya melainkan menggunakan gelombang elektromegnetik sebagai sinyal yang digunakan untuk mengendalikan kursor pada monitor. Mouse wireless sama seperti dengan mouse-mouse lainnya, bahkan dalam penggunaannya pun tidak ada bedanya. Yang membedakan adalah media penghubungnya saja,mouse yang biasanya menggunakan kabel, namun pada mouse wireless penggunaanya tidak menggunakan kabel.
menggunakan Mouse wireless ini jelas memberikan pelayanan yang lebih nyaman dibandingkan dengan mouse berkabel karena lebih praktis dan lebih efektif. Mouse wireless mempunyai 8 hal yang menarik dan mungkin bisa membuat anda ingin sekali menggunakan mouse wireless dalam mengerjakan tugas atau pun kegiatan lainnya yang ada hubungannya dengankomputer,

berikut beberapa kelebihan menggunakan mouse wireless :

  1. Harga : Mouse wireless mempunyai harga yang bervariasi, mulai dari 100 ribu sampai lebih dari 1 juta rupiah. Yang menjadi bahan pertimbangan adalah bentuk, desain, teknologi yang digunakan, optical, data tahan, dan baterai yang digunakan. Biasanya desain memiliki peran yang sangat penting bagi penggunanya, selain memanjakan mata desain juga mempengaruhi kenyamanan si pengguna, ini yang menjadi salah satu faktor mahalnya harga mouse wireless. Namun semua bisa terbayarkan dengan kinerja dari perangkat mouse tersebut.
  2. Mouse wireless Tidak menggunakan kabel : Pada perkembangan teknologi ini, mouse wireless penggunaannya tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan mouse dengan komputer melainkan menggunakan 2 komponen tambahan yang diisyaratkan sebagai pemancar dan penerima, dengan demikian mouse bisa terhubung tanpa penggunaan kabel. Jadi dengan mouse wireless maka tidak ada lagi kabel yang melilit di sekitar komputer PC atau Laptop/netbook anda yang mungkin bisa membuat anda kesal dan jengkel . Dengan ini kita bisa merasa lebih lapang dan leluasa memainkan komputer tanpa harus terganggu oleh kabel yang malang melintang.
  3. Menggunakan Bluetooth,Infrared dan Radio Frecuency wireless 2,4 mhz / 5,8 mhz : Biasanya mouse wireless menggunakan 3 jenis teknologi untuk dipakai sebagai pemancar dan penerima antara mouse dengan komputer. Ketiga teknologi tersebut adalah Bluetooth, Infrared dan Radio Frequency. Mouse wireless yang masih menggunakan teknologi infrared dianggap sudah ketinggalan jaman. Karena kebanyakan mouse wireless yang sekarang menggunakan teknologi bluetooth dan Radio Frequency yang memang dianggap lebih canggih dan cepat untuk menggunakannya. Karena teknologi Radio Frequency bisa menembus penghalang antara pemancar dan penerima, ini merupakan hal yang tidak bisa dilakukan oleh infrared.
  4. Ada Pemancar dan Penerima Signal : Agar mouse dapat saling terhubung dengan komputer, maka memerlukan 2 komponen utama yang dapat bertindak sebagai pemancar dan juga penerima sinnyal. Biasanya salah satu komponen akan terhubung langsung pada komputer melalui port USB sedangkan untuk komponen lainnya sudah terpasaang di dalam mouse.
  5. Software Driver : Mouse tanpa kabel mungkin sedikit memiliki kekurangan yaitu harus menginstall driver terlebih dahulu sebelum digunakan. Meski saat ini beberapa vendor mouse wireless telah memproduksi mouse tanpa harus menginstall driver-nya namun lebih direkomendasikan untuk tetap meng-install driver terlebih dahulu. Karena dapat mempermudah menggunakan mouse wirelles
  6. Optical atau Laser : Saat ini mouse wireless menggunakan Optical dan laser yang performanya semakin baik. Mouse optical dirasa cukup baik. Namun bagi yang memiliki kebutuhan akan mouse dengan tingkat tinggi maka sebaiknya memilih mouse wireless dengan pointing yang berkualitas tinggi juga. Untuk kebutuhan tersebut maka mouse Laser adalah pilihan utama. Mouse Laser memiliki respon waktu yang lebih baik dari pada mouse optical.
  7. Jedah antara gerakan mouse dan pointer pada monitor: Teknologi wireless disertai laser membuat jeda antara gerakan mouse dan pointer pada monitor sangat kecil. Bagi pengguna dengan kebutuhan yang biasa-biasa, jeda tersebut sama sekali tidak terasa. Bagi pengguna seperti para design grafis dan gamers, saat awal mungkin sedikit terasa aneh namun setelah beberapa saat mencoba maka semuanya akan terasa normal-normal saja.
  8. Extra Power : Mouse wireless membutuhkan extra tenaga listrik sehingga si penggunanya harus menyiapkan baterei pada mouse. Ukuran baterei AA dirasa cukup membuat mouse tarasa agak berat dibandingkan dengan mouse biasa yang masih menggunakan kabel. Namun jangan khawatir mouse wireless cukup hemat energy sehingga penggantian batereinya dilakukan setelah melewati masa pemakaian yang cukup lama.
Itulah beberapa hal mengapa menggunakan Mouse wireless dan alasannya, semoga dengan adanya mouse wireless kita dapat lebih mudah mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan komputer.
menggunakan mouse wireless, mengapa dan alasannya


EmoticonEmoticon