Monday, November 2, 2015

perbedaan antara CPU dan GPU



Perbedaan CPU dan GPU

Hanya sekedar memberi sedikit pengetahuan untuk kita, untuk mengetahui tentang hardware yang terdapat pada computer kita sehingga jika ada kerusakan kita tidak menjadi bingung dan segera tahu bagian mana yang bermasalah sehingga kita mampu memperhitungkan anggaran untuk perbaikannya. Dalam Artikel ini kita akan membahas tentang apa itu CPU? Dan apa itu GPU? Sehingga kita nanti bisa menyimpulkan apakah perbedaan antara CPU dan GPU
perbedaan antara cpu dan gpu

perbedaan antara cpu dan gpu

Pada umumnya orang mengenal CPU adalah kotak computer yang secara keseluruhan terhubung dengan unit monitor. Demikian Penjelasan dan pengertiannya :

perbedaan antara cpu dan gpu
CPU adalah kepanjangan dari Central Processing Unit merupakan device terpenting dalam sebuah computer atau sering disebut bahwa CPU adalah otak dari computer. CPU memiliki tugas yang utama yaitu mengolah data berdasarkan instruksi dan data dari software. Secara fisik CPU terlihat dengan ditandai dengan adanya heatsink dan kipas yang bertugas untuk mendinginkan CPU. CPU umumnya terpasangsecara on-oard atau berhubungan dengan motherboard. Pada umumnya komponen CPU disebut dengan processor.



perbedaan antara cpu dan gpu

Fungsi utama CPU adalah menjalankan perintah dari program-program (software) yang tersimpan di dalam memori utama. CPU melakukanperintah dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan kemudian mengeksekusi perintah tersebut satu persatu sesuai dengan alur perintah.
Pekerjaan ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu instruksi (FETCH) dan melaksanakan instruksi tersebut (execute). Proses membaca dan melaksanakan perintah ini harus dilakukan secara berulang-ulang sampai semua instruksi yang terdapat di memori utama dijalankan oleh computer. Proses ini dikenal juga sebagai siklus fetch-eksekusi.
Sedangkan GPU adalah kepanjangan dari Graphics Processing Unit merupakan prosesor yang bertugas secara khusus untuk mengolah tampilan grafik. Dalam perkembangannya sampai saat ini GPU sudah semakin kompleks dan semakin tinggi speknya, sehingga mendukung untuk menampilkan grafik terbaik pada game-game saat ini.  Pada Graphic Chard/add-on (VGA) GPU terdapat pada chip yang dikenal dengan merk seperti Radeon., Geforce dll. Perbedaan yang mencolok antara GPU dan CPU ini adalah terdapat heatsink (pendingin), bahkan kipas yang terlihat menempel pada sebuah rangkaian tersendiri (chip) yang menempel pada motherboard. Sedangkan integrated graphics, GPUnya biasanya tidak berupa chip tersendiri namun sudah menjadi satu dengan motherboard.


Kesimpulannya :


CPU dan GPU adalah sama-sama sebuah device yang bernama prosessor. Bedanya GPU adalah prosessornya graphics yang hanyabertugas untuk mengolah data grafis. Sedangkan CPU adalah prosessor dari keseluruhan Komputer yang bertugas untuk mengolah data dan perintah dari keseluruhan computer. Kalau CPU diberi memory penyimpanan sementara yang disebut dengan RAM dan GPU juga diberi memory penyimpanan sementara yang disebut dengan VRAM.



Demikian  Artikel  SANJAYANET ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya dan juga menambah pengetahuan bagi pembaca.

Selamat Membaca…
GOOD SUCCESS !!!!


EmoticonEmoticon